4 Ayat Alquran Wacana Persaudaraan Ukhuwah Dalam Islam

Ayat alquran wacana persaudaraan (ukhuwah) dalam islam. Pada artikel sebelumnya kami sudah mengkaji wacana persaudaraan (ukhuwah), namun melalui hadits wacana persaudaraan. Untuk kali ini, akan kita lanjutkan pembahasan wacana tentang ukhuwah dalam islam melalui dalil wacana ukhuwah (persaudaraan).

Baca juga : 3 Hadits Perihal Persaudaraan (Perdamaian) Secara Lengkap

Persaudaraan (ukhuwah) merupakan salah satu sifat terpuji (husnudzan) yang harus kita amalkan. Oleh lantaran itu ada aneka macam dalil wacana ukhuwah, baik dalam alquran maupun hadits. Setiap orang tentu mendambakan sebuah hubungan baik dalam kehidupan keluarga maupun dengan masyarakat yang lebih luas baik di lingkungan pendidikan kerja, sosial dan lingkungan lainnya. Baik dengan orang-orang seagama rnaupun dengan pemeluk agama lainnya.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi wacana ayat alquran wacana persaudaraan (ukhuwah), lebih baik kita pelajari dulu wacana pengertian persaudaraan (ukhuwah). Persaudaraan dikenal juga dengan istilah ukhuwah. Kata ukhuwah ini berusal dari bahasa arab yaitu : Al Akhun, Al Ukhti, dan Al Ukhuwati. Dalam kamus Indonesia-Arab (1995: 476) kata-kata di atas mempunyai arti "saudara" - "persandaraan".

Menurut Abd Rachman Assegaf, kata ukhuwah atau persaudaraan bermakna perasaan simpati, maksudnya tenggang rasa antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak mempunyai satu kondisi atau perasaan yang sama, baik suka maupun duka, baik bahagia maupun sedih. Jalinan perasaan itu mengakibatkan perilaku timbal balik untuk saling membantu bila pihak lain mengalami kesulitan, dan perilaku saling membagi kesenangan kepada pihak lain bila salah satu pihak menemukan kesenangan. Untuk membuat hubungan baik sesama muslim dalam masyarakat, setiap orang harus mengetahui hak dan kewajibannya masing-masing sebagai anggota masyarakat.

Ayat Quran Tentang Persaudaraan (Ukhuwah)

Sudah paham kan, wacana pengertian ukhuwah dalam islam? Selanjutnya yaitu akan kami sampaikan wacana dalil alquran wacana ukhuwah. Ada aneka macam dalil dalam alquran yang membahas wacana persaudaraan. Berikut ini beberapa dalil alquran wacana persaudaraan.

1. Ayat Quran surat Al Hujurat Ayat 10 wacana persaudaraan (ukhuwah)

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ - 49:10

Artinya : Sesungguhnya orang-orang mukmin yaitu bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapat rahmat. (QS. Al Hujurat Ayat 10)

2. Ayat Quran surat Al Hijr Ayat 47

وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِم مِّنْ غِلٍّ إِخْوَانًا عَلَىٰ سُرُرٍ مُّتَقَابِلِينَ - 15:47

Artinya : Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada dalam hati mereka; mereka merasa bersaudara, duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. (QS. AL- Hijr ayat 47)

3. Ayat Quran surat An Nisa Ayat 23

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ وَعَمَّاتُكُمْ وَخَالَاتُكُمْ وَبَنَاتُ الْأَخِ وَبَنَاتُ الْأُخْتِ وَأُمَّهَاتُكُمُ اللَّاتِي أَرْضَعْنَكُمْ وَأَخَوَاتُكُم مِّنَ الرَّضَاعَةِ وَأُمَّهَاتُ نِسَائِكُمْ وَرَبَائِبُكُمُ اللَّاتِي فِي حُجُورِكُم مِّن نِّسَائِكُمُ اللَّاتِي دَخَلْتُم بِهِنَّ فَإِن لَّمْ تَكُونُوا دَخَلْتُم بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ وَحَلَائِلُ أَبْنَائِكُمُ الَّذِينَ مِنْ أَصْلَابِكُمْ وَأَن تَجْمَعُوا بَيْنَ الْأُخْتَيْنِ إِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَّحِيمًا - 4:23

Artinya : Diharamkan atas kau (menikahi) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara ayahmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, belum dewasa wanita dari saudara-saudaramu yang laki-laki, belum dewasa wanita dari saudara-saudaramu yang perempuan, ibu-ibumu yang menyusui kamu, saudara-saudara perempuanmu sesusuan, ibu-ibu istrimu (mertua), belum dewasa wanita dari istrimu (anak tiri) yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kau campuri, tetapi jikalau kau belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kau ceraikan), maka tidak berdosa kau (menikahinya), (dan diharamkan bagimu) istri-istri anak kandungmu (menantu), dan (diharamkan) mengumpulkan (dalam pernikahan) dua wanita yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS An Nisa : 23)

4. Ayat Quran surat At Taubah Ayat 9

فَإِن تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ ۗ وَنُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ - 9:11

Artinya : Dan jikalau mereka bertobat, melakukan shalat dan menunaikan zakat, maka (berarti mereka itu) yaitu saudara-saudaramu seagama. Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui. (QS At Taubah : 9)

5. Ayat Quran surat Ali Imron Ayat 103

واَعْتصِمُواْ بِحَبْلِ الله جَمِيْعًا وَلاَ تَفَـرَّقوُا وَاذْ كـُرُو نِعْمَتَ الله عَلَيْكُمْ إٍذْكُنْتُمْ أَعْـدَاءً  فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلـُوبِكُمْ  فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَاناً وَكُنْتُمْ عَلىَ شَفاَ خُـفْرَةٍ  مِنَ النَّاِر فَأَنْقـَدَكُمْ مِنْهَا كَذَالِكَ يُبَبِّنُ اللهُ لَكُمْ اَيَاتِهِ لَعَلـَّكُمْ تَهْـتَدُون - ال عـمران 

Artinya : “Dan berpegang teguhlah kau sekalian dengan tali Allah dan janganlah kau sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kau semua saat kau bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kau maka kau menjadi bersaudara sedangkan kau diatas tepi jurang api neraka, maka Allah mendamaikan antara hati kamu. Demikianlah Allah menjelaskan ayat ayatnya semoga kau mendapat petunjuk” (Q.S. Ali Imron ayat 103)

 Pada artikel sebelumnya kami sudah mengkaji wacana persaudaraan  5 Ayat Quran Tentang Persaudaraan Ukhuwah dalam Islam

Asbabun Nuzul Ayat Quran wacana Persaudaraan (Ukhuwah)

Dari kelima dalil alquran wacana ukhuwah, ada satu ayat (persaudaraan) yang akan kita bahas mengenai asbabun nuzul (sebab turunnya ayat), yaitu QS Al Hujurat Ayat 10. (Dahlan Alfarisi: 2009, 576-517) dalam suatu riwayat diceritakan ada seorang lai-laki Ansar beristrikan Ummu Zaid. Ummu Zaid bermaksud berjulukan Imran mengunjungi keluarganya namun tidak boleh oleh suaminya, bahkan dikurung di atas loteng. Ummu Zaid mengrim pesan kepada keluarganya, untuk membawa dirinya pulang kepada keluarganya. Kemudian Imran, meminta toiong keponakannya untuk mengambil kembali isterinya. Dengan demikian terjadilah perkelahian, pukul-memukul dengan memakai sandal untuk
memperebutkan Ummu Zaid. Maka turunlah ayat ini. Berkenaan dengan tragedi tersebut Rasulullah saw mengirimkan utusan untuk mendamaikan perselisihan mereka.

Kandungan Ayat Quran wacana Persaudaraan (Ukhuwah)
Menurut at-Thabad secara garis besar Surah Al-Hujurat ayat 10 berisi tentang:
a. Ketetapan yang berkenaan dengan syariat (hukum) yang berkaitan dengan persaudaraan antara orang mukmin yang mengakibatkan pengaruh keagamaan serta adanya hak-hak yang ditetapkan agama.
b. Persaudaraan yang terjalin antarsesama muslim yaitu persaudaraan yang dasarnya ganda, yaitu atas dasar persaudaraan seiman danpersaudaraan seketurunan

Manfaat dan Hikmah Persaudaraan (Ukhuwah)
Rasa persaudaraan atau ukhuwah amat ditekankan dalam Islam. Allah telah menurunkan agama Islam ke muka bumi sebagai agama yang rahmatan lil'alamin. Maksudnya Islam diperlukan bisa menjadi agama yang sanggup membawa keberkahan dan keselamatan bagi umatnya. Allah swt. senantiasa mengingatkan umatnya untuk selalu meningkatkan persaudaraan. Karena hakikatnya Islam yaitu agama untuk semua golongan.

Baca juga : 4 Hadits Wacana Kejujuran Dan Kebohongan dan Penjelasannya

Dengan mempunyai rasa persaudaraan terhadap sesama kita akan mencicipi manfaat dan pesan yang tersirat dari persaudaraan di antaranya:
a. Menumbuhkan perilaku saling mengerti dan memahami antar sesama.
b. Terciptanya hubungan serasi dengan sesama makhluk Allah.
c. Menjalin persaudaraan merupakan salah satu bentuk keimanan, dengan mempunyai rasa persaudaraan hakikatnya semakin meningkatkan keimanan seseorang.

0 Response to "4 Ayat Alquran Wacana Persaudaraan Ukhuwah Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel