-->

13 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan (Diet, Kecantikan, Kulit, Dll)

Manfaat alpukat bagi kesehatan  - Buah alpukat atau avocado (Persea americana miller) ialah buah yang berasal dari kawasan Meksiko dan Amerika Tengah. Sedangkan buah alpukat masuk ke Indonesia diperkirakan pada masa ke-19 saat Belanda tiba ke Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, buah alpukat memiliki ciri-ciri : tinggi pohon sanggup mencapai 20 meter, ukuran daun 12-25 cm, kulit buah lembut dan tidak rata, daging buah berwarna hijau muda dan berbertekstur lembut. Perkembangbiakan alpukat biasannya dilakukan dengan biji dan okulasi. Alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik buah, daun, dan bijinya.


Bca juga : 6 Dampak Efek Samping Mengkonsumsi Cuka Apel


Buah alpukat memiliki kandungan lemak cukup tinggi (antara 4%-5%) tergantung tingkat ketuaan, jenis varietasnya, dan lokasi tumbuhnya. Vitamin yang terkandung pada buah alpukat antara lain vitamin A, B, dan E. Sedangkan mineral yang terkandung pada buah alpukat umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Buah alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama bagi penderita penyakit kencing manis dan kolesterol tinggi.


Manfaat Daun Alpukat

13 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan (Diet, Kecantikan, Kulit, Dll)

Tadi sudah dibahas sedikit wacana manfaat alpukat bab buahnya, lantas apa saja manfaat alpukat bab daunnya. Daun alpukat juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan daun alpukat yang memiliki aneka macam  khasiat untuk kesehatan.

Kandungan zat aktif yang terdapat di daun alpukat ialah flavonoid dan quersetin.  Dalam badan insan flavonoid dalam daun alpukat bermanfaat sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah kanker. Selain itu, manfaat flavonoid daun alpukat yaitu untuk meningkatkan efektivitas vitamin C, melindungi struktur sel, mencegah keropos tulang, anti inflamasi, dan sebagai antibiotik.

Sedangkan daun alpukat yang rasanya pahit sangat bermanfaat sebagai diuretik dan menghambat pertumbuhan aneka macam basil contohnya Pseudomonas sp, Staphylococcus sp, Escherichea sp, Proteus sp, dan Bacillus sp. Selain itu, daun alpukat bermanfaat untuk menyembuhkan darah tinggi, kencing batu, dan sakit kepala. Daun alpukat yang dikonsumsi dalam bentuk teh teh sanggup menyembuhkan bisul kanal pernapasan, nyeri saraf, nyeri lambung, dan haid tidak teratur.


Manfaat Alpukat untuk Obat

Untuk mengetahui secara rinci wacana manfaat alpukat bagi kesehatan, berikut ini ada 13 jenis keluhan kesehatan yang sanggup diobati dengan memakai daun alpukat(insya allah).

1. Kencing manis (diabetes melitus)
Hasil penelitian uji kegiatan antidiabetes menawarkan bahwa ekstrak etanol biji buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah. Caranya yaitu biji buah alpukat dipanggang di atas api kemudian dipotong kecil-kecil, sesudah itu rebus biji tersebut memakai air higienis hingga airnya menjadi coklat. Setelah dingi, kemudian disaring kemudian diminum.

2. Lemak tak jenuh
Buah alpukat memiliki lemak nabati tak jenuh yang tinggi. Lemak pada buah alpukat ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah, sehingga sanggup mencegah aneka macam macam penyakit, menyerupai stroke, kanker, darah tinggi, dan penyakit jantung. Selain itu, lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan anti bakteri

3. Buah Alpukat sanggup meningkatkan kesuburan pada wanita.
Sebuah penelitian menawarkan bahwa mengkonsumsi alpukat dan salad dan dicampur dengan minyak zaitun sanggup membantu perempuan untuk mendapat keturunan. Terutama bagi perempuan yang tengah menjalani agenda bayi tabung (in-vitrofertilization)

4. Menangkap Radikal Bebas dalam tubuh

Asam oleat yang terkandung dalam buah alpukat merupakan antioksidan yang sangat kuat dan sanggup menangkap radikal bebas dalam badan alasannya polusi. Jika kita membiarkan radikal bebas dalam tubuh, maka akan terjadi aneka macam macam keluhan kesehatan.

5. Batu Ginjal
Seperti yang disampaikan di atas, bahwa daun alpukat berperan sebagai diuretik. Makara daun alpukat besar lengan berkuasa terhadap peningkatan pengeluaran jumlah urin dalam tubuh. Dosis optimum ekstrak daun alpukat yang sanggup dipakai yaitu 100 mg/kg bb. Carannya adalah, ambil tujuh helai daun alpukat, kemudian seduh dengan air panas.  Minuman tersebut (100ml) sanggup diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hingga kerikil ginjal keluar.

6. Menghaluskan Kulit
Di dalam buah alpukat terdapat vitamin E dan A yang dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan merawat kulit supaya tetap dalam kondisi prima. Selain itu, kombinasi vitamin A dan vitamin E sanggup menghilangkan kerut, menciptakan kulit menjadi kenyal, dan menciptakan kulit terlihat muda, segar dan bercahaya.

7. Kulit wajah kering
Buah alpukat bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Adapun cara pemakaiannya,  buah alpukat dilumatkan hingga halus. Setelah itu, gunakan lumatan buah alpukat sebagai masker dengan cara mengoleskannya di wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah masker tersebut kering, basuh wajah memakai air hangat kemudian olesi wajah dengan es batu. Pemakaiannya sanggup dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

8. Sakit pinggang
Buah alpukat bermanfaat untuk meredakan sakit pinggang. Caranya yaitu : rebus dua gelas air dengan lima helai daun alpukat hingga airnya tinggal segelas. Setelah itu, embunkan air tersebut semalam. Esok pagi gres diminum. Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan hal ini selama seminggu berturut-turut.

9. Bengkak
Untuk memanfaatkan buah alpukat pada luka bengkak, caranya yaitu ambil satu buah alpukat, lumatkan dengan memakai sedikit air hingga menyerupai bubur, sesudah itu oleskan pada bab badan yang bengkak. Mudahkan?

10. Hipertensi
Di dalam daun alpukat terkandung mangan, mineral, dan seng yang bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, menjaga fungsi saraf tetap terjaga, dan sanggup memantau denyut detak jantung. Potasium atau Kalium Potasium yang terdapat dalam buah alpukat sanggup mengurangi depresi, menurunkan tekanan darah, dan sanggup mencegah pengendapan cairan dalam tubuh.


11. Sariawan
Untuk memanfaatkan alpukat sebagai obat sariawan, campurkan dua sendok makan madu murni dengan sebuah alpukat matang hingga lembut. Makan adonan tersebut tiga kali sehari dan diberikan setiap hari hingga sembuh.

12. Penghitam rambut
Buah alpukat bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Caranya, satu buah alpukat dihaluskan kamudian dicampur dengan satu sendok teh air jeruk lemon. Setelah rata, gosokkan adonan tersebut pada rambut, kemudian tutup dengan handuk atau topi dan diamkan selama 60 menit. Setelah itu bilas memakai air dan keramas menyerupai biasa.


Baca juga : 9 Manfaat Dan Khasiat Kurma Untuk Buka Puasa

13. Gigi berlubang

Apakah pembaca pernah mengalami sakit gigi karea gigi berlubang? Ternyata buah alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi. Caranya yaitu bubuk biji alpokat dimasukkan pada bab gigi yang berlubang. Mudah-mudahan sanggup meringankan sakit gigi.

0 Response to "13 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan (Diet, Kecantikan, Kulit, Dll)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel