-->

11 Manfaat Keanekaragaman Hayati Indonesia Bagi Kehidupan

Kali ini Oupenbuk akan bagikan ke kalian 11 Manfaat Keanekaragaman Hayati Indonesia Bagi Kehidupan. Simak ulasannya dibawah ini.

Keanekaragaman hayati merupakan istilah yang di gunakan menilai keanekaragaman sumber daya alam hayati yang ada di suatu daerah. Keanekaragaman hayati tersebut mencakup jumlah atau frekuensi dari ekosistem, spesies, maupun gen.
Baca juga : Pengertian Asas Tanggung Jawab Negara
Letak Indonesua yang ada pada iklim tropis dan dilewati oleh garis katulistiwa menciptakan negara indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Keadaan tersebut harus kita syukuri, sebab ada banyak manfaat keanekaragaman hayati bagi negara Indonesia. Beberapa manfaat keanekaragaman hayati contohnya indonesia kaya akan jenis pangan, obat-obatan, penyeimbang lingkungan, bahkan manfaat di bidang ekonomi.

Keanekaragaman hayati secara umum sanggup kita lihat melalui banyaknya jumlah tumbuh-tumbuhan dan binatang yang ada di Indonesia. Tidak kurang 25.000 jenis atau lebih dari 10% dari tumbuhan dunia ada di Indonesia. Sedangkan jenis binatang yang ada di Indonesia berjumlah sekitar 220.000 jenis hewan. Belum lagi dengan kondisi ekosistem dan persebaran gen.

Manfaat keanekaragaman hayati Indonesia

Indonesia sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, kita harus sanggup mengetahui apa saja manfaat dari keanekaragaman hayati di Indonesia. Dengan mengetahui manfaat keanekaragaman hayati, akan menciptakan kita semakin menghargai kekayaan alam dan ikut serta menjaga kelestariannya. Untuk lebih mendalami perihal apa saja manfaat keanekaragaman hayati di indonesia, mari kita simak klarifikasi berikut ini.

1. Manfaat Keanekaragaman Hayati Sebagai sumber plasma nutfah
Manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia yang pertama yaitu digunakan sebagai plasma nutfah. Plasma nutfah yaitu pecahan dari tumbuhan, binatang atau  mikroorganisme yang memiliki fungsi dan kemampuan untuk mewariskan sifat. Dalam hal ini, manfaat plasma nutfah yaitu untuk merakit varietas unggul dari sebuah spesies biar memiliki produktivitas yang tinggi, rentan terhadap penyakit, dan sanggup mewariskan mutu sifat dari generasi ke generasi selanjutnya.

Contohnya pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai sumber plasma nutfah yaitu adanya rekayasa makanan. Ubi cilembu dan duku Palembang yang mewariskan rasa manis, sedangkan padi rojolele mewariskan sifat yang pulen dan enak. Di masa depan,
plasma nutfah memiliki peranan yang penting sebab kebutuhan dunia terhadap varietas gres tumbuhan pertanian, ternak, dan proses industri.

2. Manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber pangan
Makanan insan bersumber dari binatang dan tumbuhan, jadi sangat bergantung pada keanegaragaman hayati. Semakin tinggi tingkat keanekaragaman hayati suatu daerah, maka kuliner insan semakin beraneka ragam. Apalagi di Indonesia yang sudah terang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa digakan sebagai sumber kuliner (karbohidrat), contohnya padi, jagung, ketela, dan ssagu. Sedangkan binatang yang sanggup dijadikan sumber kuliner yaitu sapi, kambing, unggas, ikan, dan kerbau. Sumber pangan tersebut diolah melalui peternakan dan pertanian.

Selain sebagai sumber kuliner pokok, ada juga sumber kuliner pendukung, contohnya buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai sumber vitamin, dan beberapa jenis rempah sering dijadikan bumbu tradisional. Bakteri juga sanggup dimanfaatkan dalam proses fermentasi materi pangan. Walaupun demikian, tidak semua keanekaragaman hayati indonesia  dapat dijadikan sebagai sumber pangan sebab ada yang beracun dan mematikan bagi manusia.

3. Manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber sandang
Selain makanan, sandang (pakaian) insan juga sebagian berasal dari tumbuhan dan hewan. Tas kulit dan ikat pinggang dari kulit binatang merupakan pola manfaat keanekaragaman hayati Sebagai sumber sandang. Sedangkan sandang yang berasal dari tumbuhan yaitu kapas yang diolah menjadi benang, kemudian ditenun hingga alhasil menjadi kain yang siap untuk dijahit menjadi pakaian.

Ada beberapa jenis binatang dan tumbuhan lain yang sanggup dimanfaatkan sebagai materi sandang, antara lain :
a. Bulu merak, bulu burung, dan kulit kayu sebagai asesoris pakaian
b. Dedaunan digunakan sebagai pakaian rang pedalaman
c. Kulit binatang kambing dan sapi untuk pembuatan dompet, dan sepatu
d. Tanaman labu air untuk pembuatan koteka, dan tumbuhan wen untuk pakaian wanita
e. Ulat sutera untuk pembuatan kain sutera

4. Manfaat keanekaragaman hayati sebagai tempat tinggal (rumah tradisional)

Tumah tradisional dibentuk sebagain besar memanfaatkan keanekaragaman hayati yang ada pada tempat tersbut. Misalnya memanfaatkan bambu atau kayu sebagai dinding rumah, dan alang-alang sebagai materi pembuatan atap rumah. Belum lagi kayu jati yang sanggup digunakan sebagai furniture rumah, ibarat meja, kursi, almari, dan tempat tidur. Semua itu dibentuk dengan memanfaatkan keanekaragaman hayati.

5. Manfaat keanekaragaman hayati sebagai materi obat-obatan
Salah satu bentuk pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia dalam bidang kesehatan yaitu pembuatan obat-obatan berupa jamu. Sudah tidak menjadi belakang layar lagi bila jamu merupakan obat tradisional khas indonesia. Proses pembuatan jamu yaitu  dengan memanfaatkan aneka macam tumbuhan yang banyak dijumpai di Indonesia. Beberapa tumbuhan yang sanggup digunakan sebagai  bagan obat-obatan antara lain :
a. Kina, kulitnya sanggup dijadikan sebagai obat malaria
b. Mengkudu atau pace untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
c. Buah merah untuk mengobati kolesterol tinggi, diabetes, dan mengobati kanker.

Selain tumbuhan, binatang sebagai pecahan dari keanekaragaman hayati juga ada yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain :
a. Ular sanggup dimanfaatkan sebagai  obat penyakit kulit  dengan memakai daging dan lemaknya.
b. Lebah sanggup dimanfaatkan untuk menghasilkan madu yang banyak khasiatnya.

6. Manfaat keanekaragaman hayati sebagai materi kosmetik
Keanekaragaman hayati merupakan istilah yang di gunakan menilai keanekaragaman sumber daya 11 Manfaat Keanekaragaman Hayati Indonesia bagi Kehidupan

Apakah anda tahu lulur tradisional? Lulur merupakan pola pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia di bidang kosmetik. Lulur yaitu kosmetik alami yang berasal dari Indonesia. Selain lulur, ada juga beberapa kosmetik hasil dari pemanfaatan keanekaragaman hayati, ibarat ramuan pewangi, kosmetik, dan sampo.


Untuk menciptakan kosmetik di atas, beberapa tumbuhan yang bisa dijadikan materi pembuatan antara lain :
a. Bunga melati, cendana, kenanga, mawar, dan kemuning sebagai materi wewangian (parfum).
b. Urang aring, mangkokan, pandan, minyak kelapa, dan pengecap buaya sebagai materi penghitam rambut dan pelumas.
c. Kemuning, bengkoang, alpukat, dan beras sebagai materi lulur untuk menghaluskan kulit.

7. Manfaat keanekaragaman hayati dalam bidang ekonomi (pendapatan)
keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia bila dikelola dengan baik sanggup dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan ekonomi yang tinggi. Masyarakat sanggup menjual hasil dari perjuangan peternakan, pertanian, maupun perkebunan untuk mendapat manfaat ekonomis. Contohnya antara lain :
a. Manusai sanggup menjual hasil pertanian ibarat dari hasil tumbuhan padi, jagung, ketela
b. Manusia sanggup menjual hasil peternakan dari unggas, kambing, sapi
c. Manusia sanggup menjual hasil kebun ibarat hasil teh, umbi-umbian, palawija

8. Manfaat keanekaragaman hayati sebagai penyeimbang lingkungan
Manfaat ini merupakan manfaat keanekaragaman hayati yang terpenting, sebab setiap spesies makhluk hidup memiliki tugas yang berbeda-beda dalam sebuah ekosistem. Kaprikornus bila ada satu spesies yang punah, maka akan mengganggu makhluk hidup lain yang bergantung padanya. Contohnya, apabila ular sawah terus diburu kemudian dibunuh, maka populasi tikus sawah akan meningkat sebab tidak ada yang memakannya. Pada akhirnya,  hasil panen padi menurun sebab diserang tikus.

9. Manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber ilmu pengetahuan 
Biologi merupakan bidang bidang yang sangat luas. Masih banyak spesies makhluk hidup di Indonesia atau bahkan yang ada di dunia yang belum teridentifikasi. Beberapa makhluk hidup juga masih menjadi misteri sehingga harus dilakukan banyak penelitian lebih lanjut. Dalam hal ini, ilmu pengetahuan terrus berkembang untuk memperlihatkan manfaat untuk kehidupan manusia.

10. Manfaat keanekaragaman hayati sebagai sumber keindahan

Bonsai atau seno merangkai tumbuhan merupakan salah satu karya seni yang memanfaatkan keanekaragaman hayati.  Selain bonsai masih ada banyak jenis tumbuhan dan binatang yang digunakan sebagai ide para seniman.

11. Manfaat Keanekaragaman Hayati Sebagai Aspek Budaya
Selain tumbuhan dan hewan, insan juga merupakan pecahan dari keanekaragaman hayati, apalagi bila dilihat dari hasil kebudayaan yang dihasilkan. Penduduk indonesia memiliki keanekaragaman suku dan budaya yang tinggi. Setidaknya adan sekitar 350 etnis dengan agama, budaya, dan serta adat-istiadat yang berbeda. Dalam menjalankan upacara keagamaan dan kepercayaannya, penyelenggaraan upacara watak dan pesta tradisional seringkali memakai bermacam-macam jenis tumbuhan dan hewan.
Baca juga : 2 Faktor Yg Menghipnotis Pertumbuhan Tumbuhan & Perkembangan
Beberapa upacara ritual keagamaan dan kepercayaan, pesta tradisional, dan upacara watak diantaranya sebagai berikut:
a. Upacara kematian yang ada Toraja memanfaatkan banyak jenis tumbuhan yang dianggap memiliki nilai magis dalam memandingkan jenazah, contohnya kelapa, limau, daun pisang, dan rempah-rempah.
b. Budaya ziarah kubur pada masyarakat Indonesia biasanya memakai bunga mawar, kenanga, melati dan kantil.
c. Umat nasrani memakai pohon cemara untuk perayaan natal.
d. Upacara ngaben di Bali memakai 39 jenis tumbuhan yang memiliki amis harum, ibarat melati, sirih, pandan, cempaka, kenanga, dan cendana. Selain itu, kelapa gading dan tebu hitam juga digunakan untuk menghayutkan bubuk mayat ke sungai.

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan kali ini mengenai 11 Manfaat Keanekaragaman Hayati Indonesia Bagi Kehidupan. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

0 Response to "11 Manfaat Keanekaragaman Hayati Indonesia Bagi Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel