-->

10 Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam & Penjelasannya

Manfaat berpakaian sesuai syariat islamPernahkan anda ebrpikir untuk apa syariat islam mengatur kita dalam berpakaian? Apakah ada manfaat yang didapat kalau berpakaian sesuai syariat islam? Dapat dikatakan bahwa agama islam memiliki banyak hukum untuk para umatnya. Adanya hukum tersebut, salah satunya ditujukan biar insan menjadi makhluk yang beradab dan berbeda dengan makhluk yang lain. Dalam hal ini, salah satu hal yang menjadi pembeda antara insan dengan makhluk lain yaitu perihal etika berpakaian. Syariat islam mengatur perihal tata cara berpakaian umat islam, tentu saja biar insan menjadi makhluk yang berdab, tidak ibarat hewan.
Baca juga : Jasa-Jasa Sunan Kalijaga Dan Murid-Muridnya Yang Terkenal
Sebelum kita membahas perihal manfaat lain berpakaian sesuai syariat islam, kita samakan persepsi dulu perihal bagaimana berpakaian berdasarkan syariat islam. Dalam syariat islam, etika berpakaian antara laki-laki dan perempuan tidak sama. Secara sederhana, dalam berpakaian syariat islam mengatur biar perempuan wajib menutup semua badan mereka kecuali wajah dan telapak tangan, sedangkan untuk laki-laki pakaiannya yaitu minimal menutup pusar hingga lutut.

Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam

10 Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam & Penjelasannya

Syariat islam mengatur perihal etika berpakaian bukan tanpa alasan. Sebagai umat islam, ada beberapa manfaat kalau kita mematuhi syariat islam perihal berpakaian. Setidaknya ada 10 manfaat berpakaian sesuai syariat islam, berikut ini diantaranya.

Manfaat pertama : Menghindarkan diri dari dosa jawaban mengumbar aurat
Dikisahkan bahwa kelak bahwa insan yang paling banyak masuk neraka yaitu dari kaum wanita? Mengapa, sebagain besar penyebabnya ialah perempuan tersebut tidak berpakaian yang menutup aurat. Jadi, manfaat utama berpakaian berdasarkan syariat islam ialah menghindarkan diri dari dosa dan menjauhkan dari siksa neraka.

Manfaat kedua : Menghindari fitnah pandangan negatif
“Ajining raga ana ing busana” atau harga diri seseorang ada pada pakaiannya. Manfaat kedua berpakaian berdasarkan syariat islam ialah menghindari pandangan negatif terhadap diri kita. Jika ada orang menggunakan pakaian yang sedikit terbuka dan menunjukkan lekuk tubuh, maka akan timbul pandangan negatif. Dikira orang tersebut ialah perempuan nakal, perempuan penggoda, perempuan murahan, dan sebagainya. Untuk menghindari evaluasi tersebut, disinilah manfaat dari berpakaian. Jika orang berpakaian sesuai syariat islam, maka akan lebih di hargai orang lain.

Manfaat ketiga : Mencegah rasa cemburu pasangan hidup kita
Manfaat berpakaian sesuai syariat kali ini khusus untuk yang sudah berumah tangga. Dalam berumah tangga, yang berhak untuk melihat aurat istri ialah suami, dan sebaliknya. Bagaimana kalau seorang istri dengan sengaja menunjukkan auratnya kepada laki-laki lain dengan cara berpakaian tidak sesuai syariat islam? Tentu saja hal ini akan menciptakan sang suami cemburu  dan menciptakan konflik dalam rumah tangga. Untuk itulah, manfaat berpakaian sangat besar.

Manfaat keempat : Memberikan sesuatu yang Istimewa bagi suami atau isteri kita
Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa aurat hanya untuk pasangan sah kita. Makara kita hanya memamerkan aurat pada suami/ istri kita. Oleh alasannya ialah itu, penting bagi kit auntuk menjaga aurat kita, biar jangan hingga ada orang lain (pacar) yang melihat aurat kita sebelum pasangan kita. Hal ini alasannya ialah kita untuk menunjukkan kejuta atau yang Istimewa untuk pasangan hidup kita. Jika kita sanggup menjaga aurat untuk suami/ istri kita kelak, maka kita akan sangat disayang oleh pasangan kita.

Manfaat kelima : Mencegah timblnya penyakit dan gangguan kesehatan
Ada aneka macam penyakit yang akan muncul kalau kita tidak menutup aurat kita, khsusunya diruang terbuka, contohnya  kanker kulit, kulit menjadi hitam, noda flek di kulit, kulit terbakar, dan lain sebagainya. Kita sanggup mencegah aneka macam penyakit tersebut dengan menggunakan pakaian sesuai syariat islam yang sanggup melindungi badan dari aneka macam  penyebab penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.

Manfaat keenam : Melindungi badan dan kulit dari lingkungan
Dengan berpakaian sesuai syariat islam, maka  akan menutupi badan secara sempurna. Manfaat yang akan kita dapatkan yaitu kita tidak mencicipi kedinginan dikala suhu sedang dingin, dan tidak akan mencicipi kepanasan dikala mentari bersinar terik. Begitu juga dengan kotoran atau debu, akan terhalang mengenai kulit kita secara eksklusif langsung alasannya ialah tertutu pakaian, sehingga kebersihan badan sanggup tetap terjaga dengan baik.

Manfaat ketujuh : Melindungi diri kita dari aneka macam tindak kejahatan
Pada umumnya, perempuan yang auratnya terbuka ialah yang paling sering menjadi korban tindak kriminal ibarat penjambretan, perampokan, hipnotis, dan lain sebagainya. Coba bandingkan dengan perempuan yang tampil tidak menarik di mata penjahat alasannya ialah berpakaian sesuai syariat islam. Pasti  membuat pelaku kejahatan enggan menjahati perempuan  tersebut.

Manfaat kedelapan : Menutupi malu belakang layar yang ada pada diri kita
Jika ada cacat pada badan maupun kulit, kita sanggup kita menutupi kekurangan tersebut dengan menggunakan pakaian sesuai syariat islam, sehingga tidak ada seorang pun yang tahu keganjilan yang terjadi pada diri kita. Apabila kekurangan tersebut diumbar di depan orang banyak dengan menggunakan pakaian tidak sesuai syariat islam, niscaya orang-orang akan tahu kekurangan yang kita punya.

Manfaat kesembilan : Mencegah timbulnya hawa nafsu lawan jenis 
Laki-laki normal pada umumnya akan terangsang kalau melihat perempuan yang menggunakan pakaian ketat, modis, rok mini ketat atau celana pendek, wajah dimakeup seksi, rambut disalon, dan lain sebagainya. Banyak lelaki yang ingin berinteraksi dengan perempuan yang ibarat itu baik secara paksa maupun tanpa paksaan.

Manfaat kesepuluh : Menunjukkan diri sebagai bukan perempuan / laki-laki murahan 
Menutup aurat ialah salah satu identitas orang-orang yang baik. Ditambah lagi dengan sikap yang baik dan sopan maka mustahil ada orang yang menyampaikan kita sebagai perempuan murahan atau laki-laki murahan.
Baca juga : Kisah Sunan Kalijaga Menjadi Perampok Hingga Tobat
Demikian manfaat berpakaian berdasarkan syariat islam. Semoga sanggup menunjukkan pelajaran bagi kita perihal pentingnya mengenakan pakaian berdasarkan syariat islam.

0 Response to "10 Manfaat Berpakaian Sesuai Syariat Islam & Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel