-->

Pengertian Negara Berdasarkan Max Weber, Mac Iver, & 24 Andal Lain

Kali ini Oupenbuk akan bagikan ke kalian Pengertian Negara Berdasarkan Max Weber, Mac Iver, & 24 Andal Lain. Simak ulasannya dibawah ini.

Negara berbeda dengan bangsa. Jika bangsa merujuk pada kelompok orang atau komplotan hidup, sedangkan negara merujuk pada sebuah organisasi sekelompok di dalamnya. Penting bagi kita untuk memahami pengertian negara, jadi kita sanggup membedakan antara pengertian bangsa dan pengertian negara.


Pengertian Negara Secara Bahasa dan Etimologis

Pengertian negara yang pertama yaitu pengertian negara secara bahasa. Secara bahasa, negara ada dalam dalam bahasa absurd menyerupai de staat (Belanda), state (Inggris), dan Le’etat (Prancis). Menurut bahasa sansekerta, pengertian negara diartikan sebagai suatu kota, sedangkan berdasarkan suku-suku yang ada di Indonesia negara yaitu tempat tinggal. Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), negara yaitu komplotan bangsa yang hidup dalam satu daerah/wilayah dengan batas-batas tertentu yang diperintah dan diurus oleh suatu tubuh pemerintah dengan teratur.

Pengertian negara dibagi menjadi dua, yaitu pengertian negara dalam arti luas dan pengertian negara dalam arti sempit. Menurut arti sempit pengertian negara yaitu merupakan alat untuk mencapai kepentingan bersama. Sedangkan pengertian negara dalam arti luas yaitu kesatuan sosial yang diatur secara konstitusional untuk mewujudkan kepentingan bersama. Adapun pengertian negara secara terminologi diartikan sebagai organisasi tertinggi di antara satu kelompk masyarakat yang mempunyai impian untuk bersatu, hidup di kawasan tertentu, dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat.


Keberadaan negara, menyerupai organisasi secara umum yaitu untuk memudahkan anggotanya (rakyat) mencapai tujuan bersama atau cita-citanya. Keinginan bersama ini dirumuskan dalam suatu dokumen yang disebut sebagai konstitusi, termasuk di dalamnya nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh rakyat sebagai anggota negara. Dalam bentuk modern negara terkait bersahabat dengan keinginan rakyat untuk mencapai kesejahteraan bersama dengan cara-cara yang demokratis.



Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Setelah memahami pengertian negara berdasarkan bahasa dan etimologi, selanjutnya kita akan mencar ilmu perihal pengertian negara berdasarkan para ahli. Para hebat mempunyai pendapat yang berbeda-beda perihal pengertian negara. Beberapa hebat yang memperlihatkan pendapat perihal pengertian negara yaitu max weber, mac iver, karl marx, dan lain-lain. Para hebat dalam negeri juga tidak ketinggalan dalam meberikan pendapat mereka perihal pengertian negara, beberapa diantaranya yaitu Miriam Budiardjo, Nasroen, Soly Lubis, dan lain-lain.


Pendapat para hebat perihal pengertian negara sanggup anda lihat pada pengelasan di bawah ini.


1. Mac Iver (R.M. Mac Iver : 1926)

Pengertian negara yaitu persembatanan (penarikan) yang bertindak lewat aturan yang direalisasikan oleh pemerintah yang dilengkapi dengan kekuasaan untuk memaksa dalam satu kehidupan yang dibatasi secara teritorial mempertegak syaratsyarat lahir yang umum dari ketertiban sosial.

2. Max Weber (Max Weber : 1958)


Pengertian negara berdasarkan max weber yaitu suatu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah).

3. Karl Marx 


Pengertian negara yaitu suatu alat kekuasaan bagi insan (penguasa) untuk menindas kelas insan lainnya.

4. George Jellinek (George Jellinek, Algemeine Staatsleh.re) 


Pengertian negara yaitu organisasi kekuasaan dari sekelompok insan yang telah berkediaman di wilayah tertentu.

5. Logeman (Solly Lubis : 2007)


Pengertian negara yaitu organisasi kemasyarakatan yang dengan kekuasaannya bertujuan untuk mengatur dan mengurus masyarakat tertentu.

6. Hoge de Groot (Solly Lubis : 2007)


Pengertian negara yaitu ikatan-ikatan insan yang insaf akan arti dan panggilan aturan kodrat.

7. Krannenburg (Krannemburg : 1951)


Pengertian negara yaitu suatu organisasi yang timbul alasannya kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

8. George Wilhelm Friedrich Hegel


Pengertian negara merupakan organisasikesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.

9. Aristoteles (Solly Lubis : 2007)


Pengertian negara yaitu asosiasi yang setinggi-tingginya dan yang sempurna-sempurnanya yang sanggup dicapai oleh insan untuk keperluan hidup bersama.

10. Benedictus de Spinoza


Pengertian negara yaitu susunan masyarakat yang integral (kesatuan) antara semua golongan dan bab dari seluruh anggota masyarakat (persatuan masyarakat organis).

11. Roger H. Soltau (Roger H. Soltau : 1961)


Pengertian negara yaitu alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan duduk perkara bersama atas nama masyarakat.



 Jika bangsa merujuk pada kelompok orang atau komplotan hidup Pengertian Negara Menurut Max Weber, Mac Iver, & 24 Ahli Lain

12. W.L.G. Lemaire (Kurmiaty : 2003)


Pengertian negara berdasarkan Lemaire merupakan suatu masyarakat insan teritorial yang diorganisasikan.

13. Harold J. Laski (Harold J. Laski : 1947)


Pengertian negara yaitu suatu masyarakat yang diintegrasikan alasannya mempunyai wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bab dari masyarakat.

14. Thomas Hobbes (Deddy Ismatullah : 2007)


Pengertian negara yaitu suatu tubuh yang dibentuk oleh orang banyak beramai-ramai, masing-masing berjanji akan memakainya menjadi alat untuk keamanan dan pertolongan bagi mereka.

15. J.J. Rousseau (Solly Lubis : 2007)


Pengertian negara yaitu perserikatan dari rakyat gotong royong yang melindungi dan mempertahankan hak masing-masing diri dan harta benda anggota-anggota yang tetap hidup dengan bebas merdeka.

16. Bellefroid


Pengertian negara yaitu suatu komplotan aturan yang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat sebesar-besarnya.

17. Van Apeldoorn


Pengertian negara yaitu suatu wilayah tertentu yang di dalamnya membisu suatu bangsa di bawah kekuasaan tertinggi.

18. M. Nasroen


Pengertian negara yaitu suatu bentuk pergaulan hidup dan realisasi ide-negara yang muncul dari suatu kemauan umum.

19. Plato


Pengertian negara yaitu suatu organisasi kekuasaan insan dan merupakan sarana untuk tercapainya tujuan bersama.

20. M. Solly Lubis. SH


Pengertian negara yaitu suatu bentuk pergaulan hidup insan yang merupakan suatu komunitas dengan syarat-syarat tertentu, menyerupai mempunyai wilayah, rakyat dan pemerintahan.

21. Dr. Wiryono Prodjodikoro. SH


Pengertian negara yaitu suatu organisasi di antara kelompok insan yang gotong royong mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia.

22. Prof. Miriam Budiarjo


Pengertian negara yaitu organisasi yang dalam suatu wilayah sanggup memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang sanggup tetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan bersama itu.

23. Prof. R. Djokosutono, SH


Pengertian negara yaitu suatu organisasi insan atau kumpulan insan yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

24. G. Pringgodigdo, SH


Pengertian negara yaitu suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu harus mempunyai pemerintahan yang berdaulat, wilayah tertentu, dan rakyat yang hidup teratur sehingga merupakan suatu bangsa.

25. Dr. Oeripan Notohamidjojo


Negara yaitu organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

26. Prof. Mr. Soenarko


Negara yaitu organisasi masyarakat di wilayah tertentu dengan kekuasaan yang berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan.

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan kali ini mengenai Pengertian Negara Berdasarkan Max Weber, Mac Iver, & 24 Andal Lain. Semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Negara Berdasarkan Max Weber, Mac Iver, & 24 Andal Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel